CARIATUH

Hitung Pertumbuhan Anak


Usia Anak: Tahun:    Bulan:
Batasan Usia = 0 s/d 5 tahun

Jenis Kelamin:

Berat: Kg   
Tinggi: cm


Mengintip Setiap Tahap Perkembangan Buah Hati

Masa kecil adalah masa emas, sebuah periode di mana setiap hari membawa perubahan dan pertumbuhan baru. Sebagai orangtua, melihat tumbuh kembang anak merupakan salah satu kebahagiaan yang tak terhingga. Namun, bagaimana kita tahu bahwa pertumbuhan mereka sesuai dengan perkembangan yang seharusnya?

Alat bantu, seperti kalkulator tumbuh kembang anak, dapat membantu Anda mendapatkan gambaran lebih jelas tentang pertumbuhan buah hati Anda.

Kalkulator Pertumbuhan Anak

Panduan Singkat Menggunakan Kalkulator Tumbuh Kembang Anak

  1. Kunjungi website cariatuh, dan pilih Kalkulator + Pertumbuhan Anak yang ada dibagian “Kalkulator Parenting”.
  2. Masukkan Data Anak:
    a). Input usia anak (dalam tahun dan bulan).
    b). Pilih jenis kelamin anak.
    c). Masukkan berat dan tinggi anak saat ini.
  3. Setelah data lengkap, tekan tombol ‘Hitung’.
  4. Evaluasi Hasil: Kalkulator akan menyajikan informasi apakah tumbuh kembang anak Anda sesuai dengan standar pertumbuhan anak sebaya-nya atau ada keterlambatan.

Mengintip Tumbuh Kembang Anak Usia 1 hingga 5 Tahun

1. Usia 1 Tahun: Pada usia ini, anak biasanya mulai berjalan dan mengucapkan kata-kata sederhana. Mereka mulai mengeksplorasi dunia dengan cara yang baru dan menarik.

2. Usia 2 Tahun: Anak mulai berbicara dengan kalimat sederhana dan bermain imajinatif. Motorik halus mereka berkembang, memungkinkan mereka untuk memegang benda dengan lebih baik.

3. Usia 3 Tahun: Pada usia ini, anak-anak mulai mengembangkan kemampuan sosialisasi. Mereka mulai bermain bersama teman sebayanya dan mengembangkan imajinasi yang lebih luas.

4. Usia 4 Tahun: Kemampuan berbicara anak semakin meningkat. Mereka mulai mengajukan banyak pertanyaan dan menunjukkan minat pada dunia di sekitar mereka.

5. Usia 5 Tahun: Anak-anak mulai mempersiapkan diri untuk sekolah. Kemampuan kognitif mereka semakin berkembang, dan mereka mulai memahami konsep dasar matematika dan literasi.

Mengapa Penting Menggunakan Kalkulator Tumbuh Kembang?

Kalkulator tumbuh kembang membantu orangtua untuk memastikan bahwa pertumbuhan anak mereka sesuai dengan standar.

Ini bukan tentang membandingkan, tetapi lebih kepada memastikan bahwa tidak ada hambatan atau keterlambatan dalam pertumbuhan mereka. Selain itu, alat ini dapat membantu mendeteksi potensi masalah kesehatan yang mungkin memerlukan intervensi medis atau pendidikan khusus.

Memahami dan mengawasi tumbuh kembang anak adalah tugas utama setiap orangtua. Dengan alat bantu seperti kalkulator tumbuh kembang anak, kita dapat memastikan bahwa buah hati kita berkembang dengan optimal dan sehat. Setiap anak unik, tetapi memiliki panduan umum dapat membantu kita dalam mendukung dan memahami perjalanan pertumbuhan mereka.